ws-tech
Information and Technology

Cara pintar menghemat battery laptop

 Cara pintar menghemat battery laptop

Konsumsi daya baterai sangat bergantung pada tingkat pengolahan data, gerakan hardware (hardisk), cek sinyal, proses aplikasi yang besar, display dan suara.
Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya kita lakukan untuk memperpanjang daya baterai.

1. Kurangi kecerahan (brightness) dengan mengatur setting power baterai
Pada sebagian besar laptop dan netbook, kita dapat mengatur dan menyesuaikan kecerahan layar. Oleh karena itu jika memang tidak perlu sebaiknya tingkat kecerahan dikurangi. Umumnya setting defaultnya sekitar 10 menit tetapi Anda bisa mengubahnya ke 2 – 3 menit untuk meningkatkan cadangan baterai.

2. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi
Jika tidak menggunakan Bluetooth, sebaiknya dimatikan. Ketika laptop terus mencari perangkat bluetooth atau wi-fi, itu akan mengkonsumsi daya baterai cukup banyak.

3. Defragment harddisk
Apa hubungan defrag hardisk dengan konsumsi daya baterai? Windows terkenal ‘malas dan tidak rapi’. Jika Windows memerlukan suatu file sistem, maka ia akan mengambilnya, dan sayangnya tidak mengembalikan ke tempat semula. Ibarat Anda mengambil sebuah buku untuk dibaca, sesudahnya Anda tidak mengembalikan ke posisi semula di rak. Ini berakibat begitu banyak file yang tersebar dimana-mana. Jika suatu file data tidak berada pada tempat yang benar, maka akan dibutuhkan begitu banyak waktu dan tenaga untuk mencari dan mendapatkan tersebut. Nah fungsi defrag adalah mengembalikan dan menata file yang tersebar pada posisi semula. Bahkan sering dikelompokkan dengan parameter tertentu untuk mempermudah pencarian. Jika Anda defrag hard disk, maka dibutuhkan waktu lebih sedikit bagi prosesor untuk mencari dan mendapatkan data, sehingga bisa menghemat baterai.
Kalau mau melakukan defrag ini caranya: klik |Start|Accessories|System Tools|Disk Defragmenter|. Yang perlu diingat proses ini perlu waktu cukup lama, sekitar 1 – 2 jam. Jika hardisk Anda cukup besar dengan data yang melimpah bisa jadi lebih lama lagi. Jadi kalau mau defrag lakukan pada malam hari sebelum tidur, jangan lupa tancapkan charger.

4. Gunakan mode Hibernate daripada Sleep
Gunakan opsi Hibernate untuk shutdown laptop Anda untuk akses booting lebih cepat. Jika menggunakan Hibernate, laptop Anda menyimpan sesi terakhir (daftar program yang dibuka) pada hard disk dan saat laptop kembali dihidupkan, maka akan langsung menuju program terakhir yang Anda buka. Berbeda dengan mode Sleep. Mode ini akan tetap menguras daya baterai untuk menyimpan data mengenai program terakhir yang dibuka.
Jika Anda menggunakan Windows XP, silahkan klik |Power Options| di bawah |Control Panel| Hibernate| beri tanda centang pada Enable Hibernate. Kalau sudah klik |Advanced| pada kotak When I press the power button on my computer, pilih |Hibernate|OK|

5. Pilih background application yang perlu
Saat Windows dijalankan sebenarnya banyak aplikasi yang juga berjalan tetapi tidak terlihat oleh user. Kadang banyak juga user yang tidak tahu bahwa ada banyak program yang berjalan secara autorun. Sebaiknya program-program tersebut dimatikan jika tidak perlu. Kalau mau tahu cara yang gampang lihat di sini.

6. Jalankan program dengan bijak
Jika Anda bermain game dengan laptop yang berjalan pada mode baterai, maka daya baterai akan cepat tersedot habis karena aplikasi game membutuhkan resource yang banyak. Jadi untuk program-program yang cukup berat ada baiknya selalu menancapkan charger.

7. Pintarlah melakukan charging
Baterai laptop kebanyakan bertipe nikel cadmium. Ini berarti kita bisa melakukan charging meskipun daya belum habis sama sekali. Berbeda dengan baterai bertipe metal, Anda harus menunggu agar daya benar-benar habis sebelum di charge. Namun demikian dari pengalaman ternyata lebih baik melakukan charging apabila daya baterai sudah habis atau muncul notifikasi pada taskbar, dan mencabut charger apabila baterai telah full. Langkah seperti ini bisa meminimalisasi munculnya memory effect. Itu adalah perilaku baterai yang menunjukkan indikasi cepat full saat di charge, tetapi baru beberapa saat digunakan sudah down.

Related Post:

Poskan Komentar - Back to Content

Like Facebook

Followers

Labels

visitor

free counters